Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Selasa, 03 Mei 2011

SUPERNOVA

Supernova adalah ledakan dari suatu bintang di galaksi yang memancarkan energi lebih banyak dari nova. Peristiwa supernova ini menandai berakhirnya riwayat suatu bintang. Bintang yang mengalami supernova akan tampak sangat cemerlang dan bahkan kecemerlangannya bisa mencapai ratusan juta kali cahaya bintang tersebut semula, beberapa minggu atau bulan sebelum suatu bintang mengalami supernova bintang tersebut akan melepaskan energi setara dengan energi matahari yang dilepaskan matahari seumur hidupnya, ledakan ini meruntuhkan sebagian besar material bintang pada kecepatan 30.000 km/s (10% kecepatan cahaya)dan melepaskan gelombang kejut yang mampu memusnahkan medium antarbintang.

Ada beberapa jenis Supernova. Tipe I dan II bisa dipicu dengan satu dari dua cara, baik menghentikan atau mengaktifkan produksi energi melalui fusi nuklir. Setelah inti bintang yang sudah tua berhenti menghasilkan energi, maka bintang tersebut akan mengalami keruntuhan gravitasi secara tiba-tiba menjadi lubang hitam atau bintang neutron, dan melepaskan energi potensial gravitasi yang memanaskan dan menghancurkan lapisan terluar bintang.
Rata-rata supernova terjadi setiap 50 tahun sekali di galaksi seukuran galaksi Bima Sakti. Supernova memiliki peran dalam memperkaya medium antarbintang dengan elemen-elemen massa yang lebih besar. Selanjutnya gelombang kejut dari ledakan supernova mampu membentuk formasi bintang baru.



Jenis-jenis Supernova


Berdasarkan pada garis spektrum pada supernova, maka didapatkan beberapa jenis supernova :
  • Supernova Tipe Ia
Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat pengamatan.
  • Supernova Tipe Ib/c
Pada supernova ini, tidak ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen ataupun Helium saat pengamatan.
  • Supernova Tipe II
Pada supernova ini, ditemukan adanya garis spektrum Hidrogen saat pengamatan.
  • Hipernova
Supernova tipe ini melepaskan energi yang amat besar saat meledak. Energi ini jauh lebih besar dibandingkan energi saat supernova tipe yang lain terjadi. Resensi : id.wikipedia.org

3 komentar:

Uswatun Chasanah mengatakan...

Bagi ilmuwan, supernova adalah superstar sesungguhnya - ledakan masif yang dahsyat, bintang mati yang bersinar terang pada bentuk dan nasib dari alam semesta.

Untuk ledakan yang singkat, supernova dapat memancarkan energi lebih besar dari matahari. Dengan potensi energi sebesar 25 ratus triliun triliun senjata nuklir, mereka dapat lebih cemerlang dari seluruh galaksi, menghasilkan beberapa ledakan terbesar yang pernah terlihat, dan membantu melacak kosmos di kejauhan. Tapi pertanyaan yang ada di benak saya???bagaimnakah kita bisa membayangkan adanya supernova yang katanya masih dalam pengamatan para ilmuan kosmois dan bagaimana memvisualisasikannya???

Uswatun Chasanah mengatakan...

Bagi ilmuwan, supernova adalah superstar sesungguhnya - ledakan masif yang dahsyat, bintang mati yang bersinar terang pada bentuk dan nasib dari alam semesta.

Untuk ledakan yang singkat, supernova dapat memancarkan energi lebih besar dari matahari. Dengan potensi energi sebesar 25 ratus triliun triliun senjata nuklir, mereka dapat lebih cemerlang dari seluruh galaksi, menghasilkan beberapa ledakan terbesar yang pernah terlihat, dan membantu melacak kosmos di kejauhan. Tapi satu tanda tanya besar yaitu bagaimana kita bisa membayangkan bahwa supernova itu ada yang katannya masih dalam kajian para ilmuan kosmois dan bagaimana kita bisa memvisualisasikannya???

UNY'S BLOG mengatakan...

untuk visualisasi dari supernova meledak sudah ada yaitu dibuat dengan IBM Blue Gene / P di Argonne Kepemimpinan Fasilitas Komputasi. Visualisasi yang dibuat diakui sebagai simulasi yang akurat..lebih lengkapnya lagi bisa dibaca di kumpulan artikel saya...terima kasih....

uny mawlana © 2008 Por *Templates para Você*