Marquee Text - http://www.marqueetextlive.com

Selasa, 10 Mei 2011

PENEMUAN TERBARU

TIRAI PENYERAP UDARA
Para peneliti di Swiss telah mengembangkan jenis baru tirai ringan yang dapat menyerap gelombang suara sementara masih membiarkan cahaya melalui.  Mereka mengatakan hal itu sangat ideal untuk menyerap kebisingan di kantor, di ruang konferensi atau tempat lain di mana cahaya alami dibutuhkan.
Kebisingan dapat menjadi sumber utama iritasi di tempat kerja atau di rumah, mengurangi produktivitas dan membuat sulit untuk bersantai. Sayangnya, banyak bahan yang digunakan dalam desain interior, seperti kaca dan beton, adalah apa yang dikenal sebagai akustik keras. Bahan-bahan ini mencerminkan gelombang suara dan sehingga tidak mengurangi tingkat kebisingan di dalam ruangan.
Di sisi lain, akustik lembut, atau berpori, bahan menyerap sebagian dari energi suara yang menyerang mereka. Fraksi energi yang diserap tergantung pada frekuensi suara.  Penyerapan terjadi karena udara bergerak melalui bahan tersebut diperlambat oleh gesekan, yang menyebabkan sebagian energi suara akan dikonversi menjadi panas.

Ringan dan tembus

bahan Biasanya, suara-menyerap ditempatkan di lantai atau langit-langit, misalnya dalam bentuk karpet atau jenis khusus genteng.  Di tempat-tempat dimana lantai atau langit-langit tidak dapat diubah, tirai bisa digunakan sebagai gantinya. Tapi ini umumnya berat dan buram.Tirai baru, di sisi lain, ringan dan tembus.
  Bahan untuk tirai dirancang menggunakan model komputer yang dikembangkan oleh para peneliti di Empa, Federal Swiss Laboratorium untuk Bahan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.  Model digunakan untuk memprediksi perilaku akustik dari berbagai tirai, dengan sifat seperti, porositas ukuran tirai dan massa per satuan luas diubah untuk memaksimalkan penyerapan suara melalui berbagai frekuensi. Tekstil desainer Annette Douglas kemudian digunakan model untuk membangun sebuah bahan yang sebenarnya - menenun bersama empat atau lima benang yang berbeda poliester dimodifikasi sedemikian rupa untuk menjaga karakteristik penyerapan sementara juga memastikan ketahanan api dan transmitansi cahaya.
 Bahan-bahan tadi kemudian diuji di dalam ruang dengung Empa's - sebuah kamar di mana gelombang suara dibuat untuk menyebar seragam atau acak. Dengan tirai posisi 15 cm dari dinding, para peneliti menemukan yang dapat menyerap hingga lima kali suara sebanyak tirai ringan khas. Pada frekuensi rendah sekitar 200 Hz, ini menyerap tidak lebih dari sekitar seperlima dari energi suara insiden. Namun, pada frekuensi di atas 500 Hz (telinga manusia memiliki sensitivitas maksimum antara sekitar 3000-4000 Hz) bahan yang terserap sekitar tiga-perempat dari energi suara insiden.

Tentang penulis

Edwin Cartlidge is a science writer based in Rome 
 

1 komentar:

Vbryan D Andinata (093224015) mengatakan...

lalu bagaimana struktur lebih jelas tentang tirai tersebut???dan siapa nama penemu aslinya dhek?

uny mawlana © 2008 Por *Templates para Você*